PENJELASAN 3 LOCALITY IGUANA DI INDONESIA (COLOMBIA, EL SAVADOR & PERU)

(foto kiri milik diany6714, foto tengah milik rodriguezviky, foto kanan milik  ruthgo)

 Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai 3 locality iguana yg katanya!?!? ada di indonesia, tapi sebelum itu saya akan menjelaskan dulu apa itu arti "locality".

  kata "Locality" diambil dari bahasa inggris, yg bila diartikan kedalam bahasa indonesia berarti "Lokalitas" yg artinya suatu tempat dan sekitarnya. 
 sejauh yg saya pelajari penyebutan locality untuk reptil biasanya terjadi karena 2 faktor, yg pertama karena ketidak jelasan suatu species & belum ada scientific name / nama latin nya, jadi nama lokasi tersebut yg dijadikan bahan acuan untuk mewakili nama dari reptil / hewan tersebut. yg kedua untuk membedakan reptil / binatang yg masih 1 species akan tetapi terdapat 2 atau lebih wild type yg berbeda dan perbedaan tersebut terbagi berdasarkan lokasi. contoh : Varanus salvator celebensis, dari species tersebut terdapat perbedaan motif / corak di setiap lokasi yg berbeda seperti di Makassar cendrung memiliki motif berbintik seperti pasir & dominan hitam, sedangkan di Sidrap memiliki motif dot besar dll. kurang lebih seperti itu, dan kalau sudah paham saya akan kembali kepada inti topic yaitu "locality pada iguana di indonesia"  dimulai dari iguana locality El savador............

Iguana locality El savador

(foto milik ranchopitaya)

(iguana iguana rhinolopha)

 Iguana locality el savador memiliki nama umum “central american horned iguana” / bila diterjemahkan berarti “iguana bercula dari amerika tengah” dan iguana ini memiliki nama latin yaitu: Iguana iguana rhinolopha.
 Sebenarnya istilah nama “central american horned iguana” sendiri masih jarang didengar dan disebutkan untuk sub-species dari iguana iguana yg satu ini bahkan dikalangan penghobi sekalipun. Yg ada mereka lebih dikenal sebagai “green iguana” / I.iguana hijau, yg sebenarnya itu lebih merujuk kepada species yg asalnya dari amerka selatan, bahkan nama latin nya sendiri pun (I.iguana rhinolopha) juga jarang disebutkan / cukup asing didengar, sejauh yg saya pelajari hal ini dikarenakan saat pertama kali ditemukan dan di tes secara genetik mereka diketahui pada awal nya berasal dari amerika selatan dan akhirnya menyebar sampai amerika tengah dan karibia, dan dari studi tersebut tidak mengungkapkan haplotipe DNA mitokondria yg unik untuk status yg lebih spesifik mengenai sub-species ini, akan tetapi menunjukan perbedaan garis keturunan yg mendalam antara populasi yg berada di amerika tengah (I.iguana rhunolopha) dengan iguana yg ada di amerika selatan (I.iguana iguana). 

(foto atas milik mztleca & foto bawah milik rodolphsartin)

 berhubung iguana yg menginvasi florida dan wilayah2 lain di amerika yg tadinya tidak ada iguana nya dan sekarang jadi ada iguana nya adalah I.iguana rhinolopha dan saat itu nama "I.iguana rhinolopha" tidak jadi di sah kan / tidak dianggap valid, maka orang2 disana menyebutnya sebagai "green iguana / iguana iguana"(dikarenakan I.iguana rhinolopha masih dianggap 1 dengan green iguana / iguana iguana). walaupun sebenarnya green iguana / iguana iguana adalah species yg berasal dari amerika selatan dan bukan merekalah yg menginvasi florida & sekitarnya. 

 Walaupun sebelumnya para peneliti pernah mengklasifikasi iguana iguana rhinolopha sebagai sub-species dari iguana iguana, akan tetapi klasifikasi ini tidak dianggap valid lagi berdasarkan DNA mitokondria, akan tetapi mulai pada tahun 2010-an keatas sampai sekarang ada study baru yg menemukan bahwa sebenarnya iguana rhinolopha adalah species yg berbeda dengan iguana iguana yg berasal dari amerika selatan, dikarenakan banyak nya perbedaan visual, garis keturunan dll. Akan tetapi walaupun sudah ada beberapa data valid mengenai pembahasan species ini saya masih belum bisa menemukan kesimpulan bahwa species ini sudah sah atau belum (semuanya ngeggantung) akan tetapi dilihat dari nama nya yg sudah dipakai untuk membedakan antara iguana yg ada di amerika tengah & amerika selatan maka seharusnya ini memang sudah sah. 

Ciri fisik

 Iguana iguana rhinolopha adalah iguana terbesar & terpanjang dari seluruh genus iguana yg ada, panjang mereka bisa mencapai 180-200cm dengan bobot sekitar 9kg lebih. Pada umum nya mereka berwarna hijau - oren kusam / cerah pada tubuh dengan kepala berwawrna abu2, Mereka juga memiliki ciri fisik kepala yg besar bahkan seukuran dengan tubuh mereka disertai dengan cula di atas hidung, dewlap yg lebar, subtympanic scale & jawl yg sangat besar.

Persebaran

 Iguana iguana rhinolopha sendiri memiliki persebaran di Amerika tengah seperti Meksiko, El savador, Honduras, Nicaragua, Costa rica dan sekitarnya. Dan kalo di Indonesia mereka lebih dikenal sebagai “iguana Elsavador” walaupun persebaran nya bukan hanya di El savador. penyebutan nya aja juga udh salah, malah “Elsavador” bukan “El savador”
 berikut foto-fotonya:

-Meksiko 

(foto milik edavis68)

(foto milik  tamarindo1)

(foto milik sosar)

kurang lebih itulah foto2 iguana iguana rhinolopha locality Meksiko, dan kalau kalian ingin melihat lebih banyak lagi kalian bisa klik Link ini. dan berikut locality El savador... 

-El savador

(foto milik rodriguezviky)

(foto milik rodriguezviky)

(foto milik lazloestrada)

kurang lebih itulah foto2 iguana iguana rhinolopha locality El savador, dan kalau kalian ingin melihat lebih banyak lagi kalian bisa klik Link ini, dan berikut locality Honduras...

-Honduras

(foto milik fcodubon)

(foto milik ottoseydel)

(foto milik sergio_isac_zuniga)

itu dia untuk foto2 iguana iguana rhinolopha locality Honduras, kalau kalian ingin melihat lebih banyak foto2 nya lagi bisa klik Link ini.

  Walaupun tersebar di lebih dari 3 negara, sejauh ini yg saya lihat & baca tidak ada perbedaan antara I.iguana rhinolopha yg ada di El savador, Meksiko, Costa rica, & Honduras dll. 
 banyak yg mengira bahwa locality Honduras memiliki warna yg lebih hijau, locality El savador memiliki warna lebih oren dll, sebenarnya salah, warna hijau & oren pada I.iguana rhinolopha itu dipengaruhi oleh grade, warna oren adalah final mutasi warna pada I.iguana rhinolopha jantan saat sudah usia dewasa, sedangkan warna hijau adalah warna phase sejak kecil hingga remaja, akan tetapi tidak semua I.iguana rhinolopha akan bermutasi menjadi oren saat dewasa, banyak juga yg warna hijau nya bertahan hingga dewasa, akan tetapi warna hijau nya pun menjadi samar ke abu2an, hijau kecoklatan, hijau kusam, ada yg berwarna hijau pada badan namun kaki nya berwarna oren dll. Oleh karena itu warna oren adalah grade tertinggi dari I.iguana rhinolopha karena itu adalah warna mutasi akhir yg tidak semua individu bisa ke tahap tersebut sedangkan warna hijau adalah grade terendah nya karena itu adalah basic warna mereka sejak lahir, walaupun warna hijau nya akan berbeda saat kecil hingga dewasa. Dan warna oren sendiri juga merupakan warna phase saat musim birahi tiba bagi jantan, jadi walaupun mereka pada dasarnya adalah grade terendah yg memiliki warna hijau kusam / ke abu2an dll. Mereka tetap bisa berubah menjadi oren saat awal hingga akhir birahi.

Iguana locality Colombia

(foto milik vipersnn6116)

 Iguana locality Colombia sebenarnya terbagi menjadi 2, yaitu Colombia barat iguana iguana cf. rhinolopha dan Colombia timur yaitu iguana iguana, dan yg beredar di kalangan penghobi Indonesia maupun negara lain di asia adalah yg dari Colombia barat (iguana iguana cf. rhinolopha), di sebagian kalangan penghobi luar iguana iguana cf. Rhinolopha locality colombia barat dikenal sebagai “white head / white face iguana” dan istilah nama “cf.” adalah singkatan dari "confer" biasanya dipakai jika indentifikasi nama belum pasti, yg artinya species ini mirip dengan I.iguana rhinolopha, akan tetapi belum dipastikan merupakan species yg sama dengan I.iguana rhinolopha,

(foto atas milik elian_david & foto bawah milik camilaporras)

(colombia barat / I.iguana cf. rhunolopha)

(colombia timur / Iguana iguana)
Perbedaan iguana colombia barat & colombia timur


(foto atas milik laura_carolina2 & foto bawah milik marbie)

(ilustrasi dari penulis)

1. -kepala iguana colombia barat berbentuk oval, terutama terlihat jelas di bagian kepala atas.
    -kepala iguana colombia timur berbentuk seperti segitiga siku yg dibalik dan bagian moncong atas hingga ujung kepala datar.

2. -subtympanic iguana colombia barat kecil, namun jawl (rahang belakang) mereka besar.
    -subtympanic iguana colombia timur sangat besar, namun jawl mereka kecil.

3. -kepala iguana colombia barat berwarna putih-silver polos tanpa ada corak.
    -kepala iguana colombia timur berwarna putih namun ada corak hitam di area mata hingga pipi.

4. -basic warna iguana colombia barat adalah hijau & oranye, serta memiliki banyak corak hitam pekat di bagian samping / diatas kaki depan & belakang nya.
    -basic warna iguana colombia timur hijau & kebiruan, serta jarang memiliki corak hitam, dan rata2 corak nya samar /tidak pekat.

5. -spike iguana colombia barat berwarna putih-oranye, mengikuti warna tubuh mereka.
    -spike iguana colombia timur berwarna putih-kebiruan, mengikuti warna tubuh mereka.

6. -panjang tubuh keseluruhan iguana colombia barat rata2 adalah 150-180cm.
    -panjang tubuh keseluruhan iguana colombia timur rata2 adalah 130-150cm.

7. -nama species / nama latin dari dari iguana colombia barat adalah "Iguana iguana cf. rhonolopha" walaupun sepertinya belum sah betul tapi nama itu sudah digunakan untuk membedakan dengan iguana2 lain. dan mereka tersebar di Colombia barat, Peru barat, ecuador dll. 
    -nama species / nama latin dari dari iguana colombia timur adalah "iguana iguana / iguana iguana iguana". dan mereka tersebar mulai dari Colombia timur, Peru timur, Brazil, Guyana, Suriname dll.
note tambahan ; dalam tata nama zoology nama pertama (iguana) menunjukan genus, nama kedua (iguana) menunjukan species, dan nama ketiga (cf. rhinolopha / iguana) menunjukan sub-species.

Ciri fisik

 Iguana iguana cf. Rhinolopha adalah iguana terpanjang & terbesar ke 2 dari genus iguana, panjang mereka sekitaran 150-180cm up, dengan kepala berbentuk oval berwarna putih-silver berukuran sedang dengan mata berwarna gelap (tidak selalu, namun kebanyakan), subtympanic kecil-sedang dengan jawl yg cukup besar, dewlap berukuran sedang & rata2 berwarna gelap, badan yg terlihat panjang, ekor berwarna putih-silver, badan berawrna hijau-oren (sebagian besar disertai corak / garis hitam), dengan kaki depan & belakang yg juga berwarna oren. 
Note tambahan: warna & corak berbeda tiap locality nya.

Persebaran

 Iguana iguana cf. Rhinolopha tersebar di amerika selatan yg bagian barat nya saja seperti Colombia (yg bagian barat), Ecuador, Peru dan sekitarnya.

 di setiap locality iguana iguana cf. rhinolopha memiliki sedikit perbedaan antara lokality yg satu dengan yg lain, contoh di Colombia barat mereka memiliki kepala berwarna putih-silver, warna tubuh hijau-oren dengan kaki oren serta corak hitam di samping tubuh bagian depan tepat diatas kaki depan dan belakang, dan untuk di Colombia barat daerah Huila mereka memiliki corak hitam bergaris2. untuk locality Ecuador memiliki kepala berwarna putih-silver dan sebagian besar terdapat warna kehitaman, warna leher abu2-hitam samar, tubuh oren kemerahan dari ujung leher, kaki, hingga pangkal ekor. Sedangkan locality Peru memiliki kepala berwarna putih-silver dengan warna hitam disekitaran area mata, tubuh berwarna oren-coklat kusam bahkan lebih terlihat didominasi dengan warna abu2 gelap. 
sejauh ini ditemukan cukup banyak perbedaan bentuk fisik seperti kepala, subtympanic, ukuran dll, & ada juga kesamaan warna dan juga corak walau berbeda locality karena jarak nya masih berdekatan.
Berikut foto-fotonya:

-Colombia barat

(foto milik gabyrioschavez)

(foto milik diany6714)

(foto milik nathalialopez_11)

-Colombia barat bagian Huila

(foto milik josebaudiliotellez)

(foto milik  fercho18)

(foto milik vela3)

-Colombia timur

(foto milik phoekman)

(foto milik  jorgeariza)

(foto milik clint_morgan)

itu dia untuk iguana locality colombia, seperti yg sudah saya jelaskan sebelum nya, yg barat adalah iguana iguana cf. rhinolopha & yg timur adalah iguana iguana, bila kalian ingin melihat lebih banyak mengenai iguana yg ada di colombia bisa klik Link ini.

-Ecuador

(foto milik davidalmeida)

(foto milik milena3110)

(foto milik leydalaz26)

sekian foto2 untuk iguana iguana cf. rhinolopha locality ecuador, dari fisik terlihat tidak berbeda jauh dengan locality colombia barat, namun dari corak & warna jelas berbeda, locality ecuador memiliki warna oren kecoklatan, corak hitam di tubuh nya pun cendrung sedikit serta samar / tidak pekat & terdapat corak hitam melingkar disekitaran area mata, bila kalian ingin melihat lebih banyak foto2 mengenai iguana di Ecuador bisa klik Link ini.

-Peru

(foto milik scradrianaperez)

(foto milik manuelroncal)

(foto milik some_e2)

sekian foto2 untuk iguana iguana cf. rhinolopha locality Peru dari fisik terlihat tidak terlalu beda jauh dengan Ecuador tapi terlihat cukup lumayan berbeda Colombia barat, iguana iguana cf. rhinolopa yg ada di peru cenderung memiliki kepala bagian atas yg datar, warna di tubuh dominan gelap, & terdapat corak hitam disekitaran area mata. bila kalian ingin melihat lebih banyak foto2 mengenai iguana di Peru maka kalian bisa klik Link ini.

Iguana locality Peru

 Seperti yg sudah saya jelaskan sebelumnya, iguana di peru termasuk iguana iguana cf. Rhinolopha, yg artinya mereka sama seperti yg ada di Colombia, hanya saja untuk corak dan warna nya cukup berebeda.

 Di Indonesia sendiri iguana Peru dikenal / diasumsikan  sebagai iguana yg memiliki warna hijau cerah, namun nyatanya malah sebaliknya, iguana di Peru justru memiliki warna yg gelap & kusam mengikuti environment nya karena mereka justru tersebar di daerah yg gersang bahkan terlihat seperti tidak ada di kalangan penghobis di indonesia yg memiliki ciri visual seperti iguana Peru. berikut foto2 life stage dari iguana iguana cf. rhinolopha locality Peru....

Baby / bayi

(foto milik  junior84)

Juvenile / remaja

(foto milik junior84)

Sub-adult / menuju dewasa

(foto milik  paulsanchezgutierrez)

Adult female / betina dewasa

(foto milik rob-westerduijn)

Adult male / jantan dewasa

(foto milik ruthgo)

mungkin mereka memang berwarna hijau cerah saat masih kecil, tapi warna hijau tersebut hanyalah warna phase sementara dari kecil hingga remaja sebelum nantinya bermutasi menjadi gelap saat memasuku sub-adult.

Note tambahan: sebenarnya di peru terdapat 2 jenis, yaitu peru bagian barat iguana iguana cf. rhinolopha & peru bagian timur iguana iguana, akan tetapi tidak saya bahas karena kasus nya sama seperti iguana di colombia, dan ke 2 jenis iguana peru tersebut juga tidak ada di indonesia, dan kalau pun ada dan sudah dikawin silangkan dengan locality Colombia / El savador, seharusnya ada yg high visual Peru, namun nyatanya tidak ada, berbeda dengan Colombia yg di kawin silangkan dengan El savador yg dimana ada yg High visual colombia & High visual El savador.

Berhubung di Indonesia hanya terdapat 2 jenis yaitu Colombia barat (iguana iguana cf. Rhinolopha) & El savador (iguana iguana rhinolopha), berikut akan saya jelaskan perbedaan nya.

Perbedaan iguana El savador (I.iguana rhinolopha) dengan iguana Colombia barat (I.iguana cf. rhinolopha)

(foto kiri milik sierraeco & foto kanan milikdavidmorales53)

(ilustrasi dari penulis)

(foto atas milik amas78 & foto bawah milik jose2)

(ilustrasi dari penulis)

1. -kepala iguana El savador berukuran sangat besar & berbentuk rada kotak, serta terdapat cula di moncong atas dekat hidung.
    -kepala iguana Colombia barat berukuran sedang & berbentuk oval, serta tidak memiliki cula.

2. -subtympanic iguana El savador berukuran besar & jawl nya sangat besar.
    -subtympanic iguana Colombia berukuran kecil & jawl nya berukuran sedang-besar.

3. -kepala iguana El savador berwarna abu-abu gelap.
    -kepala iguana Colombia barat berwarna putih silver.

4. -basic warna iguana El savador adalah hijau-oren dari leher hingga ujung ekor, serta jarang terdapat corak hitam pada tubuh.
    -basic warna iguana Colombia hijau ke abu2an-oren namun hanya tersebar pada badan hingga kaki saja & terdapat banyak corak hitam bergaris di bawah perut dan juga atas kaki, sedangkan warna ekor akan mengikuti warna leher serta kepala yaitu putih silver.

5. -bentuk tubuh iguana El savador cenderung bulky / kekar rada bantet, ukuran kepala mereka hampir sebesar tubuh.
    -bentuk tubuh iguana Colombia cenderung proposional, kepala tidak terlalu besar & tubuh cukup panjang.


 Sampai situ saja penjelasan dari saya mengenai perbedaan nya, selama ini banyak orang yg menjual iguana El savador (iguana iguana rhinolopha) dengan lebel "iguana colombia (iguana iguana cf.rhinolopha)" demi kepentingan uang dikarenakan iguana Colombia memiliki visual yg lebih bagus, walaupun urusan selera itu berbeda2 namun tetap kebanyakan orang lebih suka iguana Colombia ketimbang El savador, permintaan banyak otomatis harga naik, begitulah hukum ekonomi (walaupun harga iguana Colombia tidak selalu diatas El savador, tergantung seller juga). semoga setelah membaca informasi ini kalian dapat lebih selektif lagi dalam membeli & tidak kemakan lebel dari para seller2 yg hanya mencari keuntungan sepihak. walaupun bisa dibilang hampir mustahil untuk mencari yg pure, karena semua iguana yg di market rata2 hybrid El savador x Colombia, namun setidak nya banyak yg menjual high visual Colombia & high visual El savador.

berikut beberapa sumber bacaan saya sebelum membuat blog ini: inaturalistresearch gate: michel breuilwikipedia iguanaanimaldiversityreptile databasezoo keys.

and thank you very much for the all people who own the photos that i use for this blog, because of you all now i can sharing great information that hopefully will solve the problem about locality iguana in my country. but if you mind about the photos that i use for this blog and want me to remove it, you can contact me in social media

Facebook : Ariq .N.R

Instagram : Riqnauf

Sekian informasi yg dapat saya sampaikan dan terimakasih telah membaca, bagaimana tentang tulisan dan fotonya apakah terlalu panjang? silahkan berikan saran dan pendapat ataupun pertanyaan kalian, beritau apa yg kalian suka dan tidak suka dari blog ini karena itu dapat membantu saya untuk mengimprovisasi kedepannya dan saya akan senang membaca komentar kalian. 

Comments

Popular posts from this blog

4 SPECIES HYDROSAURUS DARI INDONESIA YANG BARU DIKONFIRMASIKAN PADA TAHUN 2020

PROFIL LENGKAP HYDROSAURUS CELEBENSIS

PROFIL LENGKAP HYDROSAURUS AMBOINENSIS