PENYEBAB SOA LAYAR BERMUTASI PUTIH

 PENYEBAB SOA LAYAR BERMUTASI

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh sobat, nama saya Ariq N.R pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai penyebab mutasi nya soa layar menjadi berwarna putih, namun pertama kita bahas dulu apa itu arti mutasi.




H. Microlophus (Dicke RIfki Fajrin)


PENGERTIAN MUTASI

 Mutasi merupakan salah satu penyebab adanya variasi makhluk hidup. Mutasi biasanya terjadi secara tiba-tiba, acak dan merupakan dasar bagi sumber variasi organisme hidup yang bersifat terwariskan

 Arti mutasi Mutasi berasal dari bahasa latin "mutatus"  yang artinya adalah perubahan Mutasi adalah perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya,

 Dan kalau mutasi di soa layar ini kebanyakan terjadi pada H. Microlophus dan terkadang ada juga H.celebensis yg mengalaminya, namun itu bukan berarti semua H. Microlophus dan H. Celebensis dapat bermutasi menjadi putih namun hana beberapa saja, klo di H. Microlophus itu sekitar 60% an dan untuk H. Celebensis itu lebih kecil lagi persentasinya. kalau masalah mutasi pada soa layar sendiri saya kurang yakin kalau bisa diwariskan dan masalah ini bersifat permanen atau tidak saya juga masih ragu (kalian bisa menemukan jawaban nya di berikut ini), berikut foto dan faktor penyebab nya.....

                                                                        

H. MICROLOPHUS

H. Microlophus (sub-adult) -Dicke RIfki Fajrin


H. Microlophus (sub-adult) -Dicke RIfki Fajrin


H. Microlophus (sub-adult) -Dicke RIfki Fajrin


H. Microlophus (sub-adult) -Dicke RIfki Fajirin


H. Microlophus (sub-adult) -Dicke RIfki Fajrin


H. Microlophus (juve) -Dicke RIfki Fajrin

         

H. Microlophus (juve) -Dicke RIfki Fajrin

VERSI ORIGINAL / TIDAK MUTASI

                               sedangkan ini kalau tidak mutasi
H. Microlophus (adult) -rendi jaya

H. Microlophus (adult) -rendi jaya

H. Microlophus (adult) -rendi jaya

H. Microlophus (adult) -rendi jaya
note : soa layar milik rendi berasal dari malino sedangkan kalau milik dicke saya kurang tau, tapi yg jelas mereka tipe yg sama, saya paham betul kalau soa layar mereka dari versi yg sama, soalnya kalau H. Microlophus yg dari soppeng / pinrang mereka warnanya cendrung lebih kuning terang dan dari bentuk mulut / bibir nya itu rada ke bulat oval sedangkan yg malino itu kotak. dan yg dari soppeng / pinrang juga bisa mutasi tentunya.

H. CELEBENSIS

H. Celebensis (adult) -Nata Saputra



H. Celebensis (adult) -Nata Saputra

H. Celebensis (adult) -Nata Saputra
                                              

VERSI ORIGINAL / TIDAK MUTASI 

sedangkan ini kalau versi dia kalau tidak mutasi 
H. Celebensis (adult) Ariq .N.R (saya sendiri)

H. Celebensis (adult) Ariq .N.R (saya sendiri)

note : soa layar milik Nata berasal dari maros sedangkan soa layar milik saya dari bantaeng namun mereka memiliki varian warna yg sama.



FAKTOR PENYEBAB

1. PENJEMURAN / SINAR MATAHARI



 Yg pertama adalah dari penjemuran, soa layar adalah mahluk berdarah dingin yg membutuhkan itensitas cahaya matahari, sinar matahari sendiri memiliki kandungan vitamin D, UV A & UV B dan lain-lain yg dimana sangat bagus untuk soa layar dalam membantu melancarkan metabolisme nya dari panas yg diterima serta menutrisi kulit mereka. berikut manfaat sinar UV bagi kesehatan

 1. Meningkatkan produksi vitamin D Paparan sinar ultraviolet dibutuhkan untuk merangsang produksi vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D diperlukan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus, sehingga dapat memperkuat tulang, gigi, serta otot. Tidak hanya itu, vitamin D juga dapat membantu mencegah berbagai penyakit.

 2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Sinar ultraviolet dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat terpapar sinar uv, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang berfungsi sebagai perlindungan tubuh. Sel darah putih memegang peranan penting dalam melawan berbagai penyebab infeksi.

3. Mengobati penyakit kulit Paparan sinar ultraviolet juga diyakini bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai penyakit.

 Sedangkan disini banyak orang yg menjemur soa layar mereka hanya menggunakan lampu reptil mungkin karena mereka tidak punya banyak waktu atau cuaca diluar tidak terdapat sinar matahari yg cukup nah dari sinilah, lampu reptil setau saya hanya memberikan kehangatan saja dan tidak memiliki kandungan yg sama seperti sinar matahari secara langsung, akhirnya soa layar nya pun hanya mendapatkan kehangatan saja dan kekurangan UV A & UV B yg seharusnya mereka dapat kan dari sinar matahari secara langsung dan menyebabkan warna soa layar tersebut berubah menjadi PUTIH / ke warna KREM yg sebenarnya itu adalah tanda bahwa mereka memucat karena kekurangan banyak kandungan yg seharusny mereka dapat dari sinar matahari secara langsung. 

 oleh karena itu soa layar yg bermutasi putih tidak dapat ditemukan di alam dan hanya bisa ditemukan di para keeper2 soa layar indo, dikarenakan di alam mereka selalu bebas mendapatkan cahaya matahari.

 apakah berbahaya? apakah ada efek samping nya?
sejauh ini menurut saya tidak, karena baik dari pola makan dan prilaku tidak ada yg berubah, hanya visual luar nya saja jadi saya rasa ini tidak masalah, ditambah soa layar (semua reptile juga) selalu mengalami yg namanya pergantian kulit (shedding) dan setelah shedding warna soa layar nya tersebut tidak kembali cerah seperti awal melainkan masih tetap putih jadi mungkin memang itu tandanya bukan masalah yg serius sebab mereka tidak perlu kembali memperbaiki sel kulit yg seharusnya mereka perbaiki apabila rusak, atau mungkin karena mereka tidak mampu memperbaikinya itu bisa juga.
 

2. PAKAN

 1. TAUGE / TOGE 



 kandungan pada taoge dalam 100 gram mengandung 34 kalori, dengan 3 gram protein dan hanya 1 gram lemak. Selain itu, kandungan betakaroten 100 gram tauge sebesar 41 mcg, vitamin C sebanyak 5 mg, dan vitamin E sebanyak 0.5 mg. Selain itu, 100 gram tauge juga mengandung 133 mg kalsium dan 100 gram kalium. 
 dan efek dari tauge untuk beberapa hewan yg saya tau juga lumayan banyak, kalo di untuk lobster taoge dapat meningkatkan hormon yg menyebabkan mempercepat si lobster agar kawin, 
kalau di iguana red biasanya akan membuat warnanya jadi memudar / memucat, sedangkan untuk iguana green warnanya akan mempercepat mutasi menjadi abu-abu, dan di setiap soa layar yg dulu bermutasi menjadi putih juga saya sering berikan taoge.

  2. UDANG & DAGING IKAN-IKANAN FILLET



 udang mengandung berbagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc. Selain itu, udang juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, antioksidan, dan yodium yang baik untuk tubuh. Menariknya, kandungan lemak dalam udang tergolong rendah.


 sedangkan daging ikan-ikanan fillet bisa ikan lele, ikan tuna, ikan mujair dan lain-lain.
pokonya pakan-pakan seperti ini memiliki manfaat yg bagus dan dokter selalu bilang kalau makanan seperti ini dapat mempercepat pubertasi untuk manusia, sedangkan kalau untuk soa layar mungkin karena kandungan yg sebanyak ini dapat meningkatkan hormon dan mempengaruhi perubahan si soa layar tersebut kalau menurut saya. 


dan itulah penyebab soa layar bermutasi menjadi putih dari saya, info tersebut saya ambil dari pengalaman saya dan kawan-kawan saya yg juga soa layar nya bermutasi menjadi putih tersebut.
 Bagi kalian yang tertarik dan mempunyai beberapa pertanyaan mengenai hydrosaurus kalian bisa masuk grup facebook kami
HYDROSAURUS INDONESIA.
Kami akan senang menunggu kalian di grup dan jangan lupa untuk membaca peraturan grup terlebih dahulu agar tertip dan aman.





akun instagram penulis




terimakasih untuk kawan saya RENDI, DICKE & NATA yg bersedia mengizinkan saya menggunakan foto soa layar nya untuk bahan blog kali ini, dikarenakan saya sudah gk nyimpen foto soa layar saya yg dulu-dulu lagi.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan, terimakasih bagi yang telah membaca, apabila ada yang kurang bisa kasih saran ke saya untuk saya perbaikin kedepannya, sampai ketemu lagi di blog saya selanjutnya saya akhiri dengan 

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh🙏


Comments

Popular posts from this blog

4 SPECIES HYDROSAURUS DARI INDONESIA YANG BARU DIKONFIRMASIKAN PADA TAHUN 2020

PROFIL LENGKAP HYDROSAURUS CELEBENSIS

PROFIL LENGKAP HYDROSAURUS AMBOINENSIS